Sabtu, 02 Mei 2009

Ketika hati terpaut cinta

Kegilaan Baru

Pernahkah anda mengalami suatu masa dimana kegilaan akan suatu yang baru menderu-deru tak biasa?

Ketika tangan ini telah terbiasa dengan ulah alur sebuah alat kecil yang disebut canting, dipautnya juga hati ini. Tak berhenti aq untuk berlatih lagi dan lagi… Tak kurasa lapar, tak ada letih… tak ada kemarahan yang menjajahku selama ini.

Keingintahuan akan misteri sebuah canting telah membawa ku jauh melangkah lagi dengan membaca buku-buku tentang batik atau mencari info sebanyak kubisa lewat internet.

Aneh saja kurasa, bahwa sejak kecil aq telah terbiasa melihat bagaimana mamaku tergila-gila pada batik. Koleksi batiknya dari daerah Cirebon, Solo, Yogya, Pekalongan, dan Madura. Bahkan nenekku dimasa hidupnya masih keukeuh mengenakan batik sehari-harinya.

Ketika aq beranjak besar dilatihnya aq memakai kain batik, melipatnya dengan benar bahkan bagaimana mewirunya. Dihari tertentu mamaku menyibukan diri dengan ritual meratus batik-batiknya.

Dan kini, 20 tahun kemudian, terjebak juga diriku dalam dunia batik.

Setelah menyelesaikan kursusku, pulanglah aq ke Bali. Waktu ini aq masih punya sebuah restoran di Sanur. Di pojokan Pantai Sindhu. Hyde Park Corner namanya. Disitulah aq biasanya menghabiskan hari-hariku. Suatu malam seorang teman lama dari Inggris datang berkunjung. Namanya Michael Hithchcock. Seorang dosen di salah satu universitas di Inggris. Kepadanya aq bercerita banyak tentang pengalaman baruku akan canting dan batik. Kami berdiskusi banyak tentang sejarah batik Indonesia.

Keesokan harinya dia datang lagi ke restoran sambil membawa beberapa buku tentang batik, dia bilang bahwa aq harus lebih banyak membaca tentang batik.

Tahukah teman, bukannnya aq ini tak tahu terima kasih, tentu saja aq bilang thank you ke dia… tapi yang bikin hati ini ciut, semua buku-buku itu dalam teks bahasa Inggris, bok!

Mana dia katakana lagi kalau dia akan kirimi aq lebih banyak buku sesampainya dia di London. Onde mande tusde… apa boleh buat, apa mau dikata… hati ini telah jantuh cinta pada batik. Itulah teman ; semua karena cinta !!!

Awalnya agak malas juga membacanya, satu halaman dua halaman tanpa tersa sudah ½ buku aq lewati dan aq semakin terperangah… Wow !!!

Life is Adventure!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar