Rabu, 13 Mei 2009

Kembang Duren


Motif Kembang Duren
Pewarnaan Naptol Jepang
105cm x 250cm
270gr
IDR. 550.000

Dulu bila anda di Bali, bertemu dan bertanya pada orang Bali,`` Balinya mana?`` sekalipun mereka tinggal di Denpasar tak urung mereka akan menjawab,
`` Karangasem`` atau ``Buleleng`` atau `` Singapadu`` atau nama daerah lainnya.
Mengapa? Yach aq jg kurang ngeh, kenapa ya?
Batik tulis diatas katun primis

Kadang kalo ada yang Tanya,`` Gek dari mana?`` sering pula kujawab,
`` Sidemen.`` padahal jelas2 aq tinggal di Denpasar daerah Kesiman.
Namun mungkin teori ini bisa sedikit membantu anda untuk mengerti keganjilan ini. Orang Bali, sak hebat apapun dia takan pernah mau atau bisa melepaskan diri dari ikatan dengan leluhurnya. Karena bagi mereka leluhur adalah sebuah tonggak berdirinya kita sekarang. Adalah sebuah sejarah yang tak mudah unuk dihapus sekalipun mereka sudah bertahun2 melalang buana dan tinggal di negeri orang.
Leluhurku berasal dari Sidemen. Rumah tua kami masih berdiri kokoh disana. Walaupun aq jarang pulang ke sana, tapi dulu aq sering menghabiskan masa liburan disana. Anyway, daerah Sidemen selain terkenal akan kerajinan songketnya, pun dikenal akan keindahan alamnya. I think sidemen is the most beautiful village in Bali. Kalo tidak begitu, mana mungkin Mick Jagger, David Bowie, Roman Polanski, bahkan mantan RI 1, Ibu Megawati betah berlama-lama menikmati suasana pedesaan yang masih asri itu.
Satu hal yang membuat Sidemen dikenal luas juga adalah, ``durian``.
Kalo sudah musim durian tiba, teman…. Aq rela pulang dengan tancap gas dengan motor buntutku. Hanya untuk sekarung durian. Jangan disamakan dengan durian montong. Tapi ini taklah akalah nikmatnya. Lezat.
Hanya karena kisah durian inilah, kemudian aq membuat sebuah motif ``Kembang Duren`` pada batikku. Hanya sebuah catatan kecil untuk mengingatkan aq akan sidemen.

Batik dengan motif ``Kembang Duren`` ini telah menjadi koleksi dari kolektor Batik yang berasal dari Belanda.

3 komentar:

  1. Hai juga...makasih ya dah mampir di blogku.
    Hmmm,mbak ini aslinya Bali apa Jogja ya?
    hehe...:D

    BalasHapus
  2. Oh ya,ntar di Solo tgL 26-28 Juni 2009 akan diadain yang namanya Solo Batik Carnival 2.
    Infonya bisa diliat di http://republikbatik.org/batikindonesia/solo-batik-carnival-2-digelar-26-28-juni-2009/ Okey mbak,tetep semangat jalan² dr desa ke desanya....Hehe.

    BalasHapus
  3. mksh infonya ya dek.... aq ini asli Bali. makanya mo ngembangin batik bali.
    ok, keep in touch.

    BalasHapus